GEMPA BUMI PENYEBAB DAN ISTILAHNYA


Minggu (30/06/2013) Kota Palu diguncang gempa. Gempa terjadi pada pagi hari sekitar jam 09.00 WITA dengan kekuatan 5,1 SR. Syukurlah tidak menelan korban dan tidak berpotensi Tsunami.
Nah..sehubungan terjadinya gempa tersebut kreatipalu akan sedikit mengulas tentang gempa bumi, penyebab dan istilah-istilah gempa bumi.

Gempa Bumi – Apakah Gempa Bumi itu ?

Gempa bumi adalah getaran atau pergeseran tiba-tiba yang terjadi dari lapisan tanah di bawah permukaan bumi. Hal ini disebabkan pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Energi yang dihasilkan menjalar kesegala arah berupa gelombang gempabumi sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi. Ketika gelombang ini mencapai permukaan bumi, getarannya bisa merusak atau tidak tergantung pada kekuatan sumber dan jarak fokus, disamping itu kualitas dari bangunan serta keadaan tanah dimana bangunan itu didirikan.

Penyebab Gempa Bumi

Berdasarkan sebab-sebabnya secara garis besar gempa bumi diklasifikasikan menjadi :
1. GEMPA TEKTONIK
Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng plat tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa tektonik yang kuat sering terjadi di sekitar tapal batas lempengan-lempengan tektonik. Gempa tektonik biasanya jauh lebih kuat getarannya dibandingkan dengan gempa vulkanik, maka getaran gempa yang merusak bangunan kebanyakan disebabkan oleh gempa tektonik. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik. Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006 adalah contoh dari gempa tektonik.

gempa bumi penyebab dan istilahnya

2. GEMPA VULKANIK
gempa bumi ini disebabkan oleh aktifitas gunung berapi baik itu gunung berapi yang ada di daratan maupun gunung berapi yang ada di dalam laut. Getaran yang dirasakan saat gempa vulkanik diakibatkan oleh adanya pergerakan magma pada perut bumi. yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Magma yang berada pada kantong di bawah gunung tersebut mendapat tekanan, Apabila keaktifannya semakin tinggi, maka magma akan melepaskan energinya secara tiba-tiba sehingga menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi.

Istilah – Istilah Gempa

1. Seismologi : ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi
2. Seismograf : alat pencatat gempa
3. Seismogram : hasil catatan seismograph berupa grafik
4. Hiposentrum : pusat gempa di dalam bumi
5. Episentrum : pusat gempa di atas permukaan bumi tepat diatas hiposentrum
6. Homoseista : garis khayal pada permukaan bumi yang mencatat gelombang primer pada waktu yang sama
7. Pleistoseista: garis khayal pada permukaan bumi yang membatasi daerah dengan kerusakan terbesar akibat gempa
8. Isoseista : garis pada peta yang menghubungkan daerah dengan kerusakan yang sama akibat gempa
9. Makroseisme :gempa yang sangat kecil dan hanya dapat direkam oleh alat pencacat gempa
10. Mikroseisme : gempa yang sangat besar dan dapat dirasakan tanpa menggunakan alat perekam

Demikian ulasan singkat mengenai gempa bumi, penyebab dan istilah – istilah tentang gempa bumi.

Semoga bermanfaat.

Leave a comment